Facebook Twitter RSS Feed

BAHASA JAWA yang benar!




kamarin aku iseng aja, eh bukan iseng deng. aku disuruh betulin komputernya tonggoku yang kena virus trojan horse. nah, sembari nye-can komputer, kan lama tuh, soalnya komputernya pentim 2, aku iseng-iseng buka buku bahasa daerahnya ponakannya tonggoku. ee.. ketika kubuka... DIENG!!! ternyata bahasa Jawanya masih asli. bukan seperti bahasa jawa jaman sekarang yang salah jan kaprah pol-polan.

sebenarnya aku bangga sih jadi orang Nganjuk. soalnya bahasa Jawa versi Nganjuk, banyak betulnya. contohnya, penggunaan kata "KUWI", yang kalau orang timuran (malang, sby, jember, probolinggo, dsktrny) ngomongnya "IKU". trus, yang bener lagi adalah "KOWE" bukannya "KON". banyak sih yang bener diantaranya:

BOCAH, bukan AREK
NDELOK, bukan NONTOK
PIYE, bukan YO'OPO
dst..dst..

waah.. melihat bahasa Jawa Nganjuk yang masih asli, akupun jadi semakin bangga menjadi orang Nganjuk. hihihi...oiya, buku yang kubaca itu Buku Bahasa Daerah Jawa Timur. berarti stasiun TV JTV yang ngakunya TV-nya Jawa Timur, musti makek bahasa yang kayak di buku Bahasa Daerah itu. tapi kalau JTV hanya khusus Surabaya, ya.. silakan aja pake Suroboyoan.

nah, untuk menengahi supaya tidak saling menyalahkan, mendingan gini deh. bahasa Jawa itu banyak macamnya. dan yang standar ya yang kayak di buku-buku bahasa Daerah, kridha Basa, dll. Jadi, kalau yang sudah salah kaprah pol-polan mendingan jangan ngaku makek bahasa jawa, tapi bahasa daerah atau bahasa kota masing-masing saja.
gimana? setuju?? eni sejjestsyen??

:-)

0 comments:

Post a Comment