Facebook Twitter RSS Feed

GLOBAL – WARMING




DO YOU NOW THAT?



1. Ngga menancapkan colokan listrik walopun ketika alat elektronik itu dimatikan = menghemat 40-50% biaya listrik yang harus anda bayarkan tiap bulannya.... Dan berarti pula, mengurangi panas yang timbul dari alat elektronik yang merembet ke pemanasan global.

2. Kantong plastik butuh waktu 1000 tahun untuk terurai di TPA (tempat pembuangan akhir). Sekitar 300 juta buah kantong plastik dibuang tiap tahunnya di Indonesia .

Belum lagi yang dibuang di sungai belakang rumah dan tempat-tempat yang tidak semestinya.

Dan 10 kg kertas koran yang siap di jual loakan... itu membutuhkan 1 pohon yang butuh waktu 10 taon untuk jadi besar. Bayangkan yang terjadi dengan ilegal logging... how many trees has been cut down for you? Imagine how they make the world hotter?

3. Ketika kamu membeli 1 liter air mineral di supermarket = beli 5 liter air. Tanya kenapa?

Karena di pabrik, untuk mendinginkan botol plastik panas yang baru dicetak, membutuhkan 5 liter air... cck cck cck...

Kode botol apa yang aman digunakan sebagai botol air? Lihat tanda dibawah botol, cari nomor 2,3 atau 4.... selain nomor-nomor itu... they're not safe, karena sama aja kamu makan plastik!!!!

4. Tisue yang uda di pakai itu ngga iss di recycle … begitu juga karton-karton yang bekas kena minyak, makanan, kue, minuman… They're only a waste… yang mau ngga mau tanahlah yang harus merecycle.

Perkiraan orang memakai issue 6 biji sehari. 2.200 biji setaun. Berarti kira-kira 44 MILIAR biji seluruh Indonesia setaun… Kalau kita menghemat 1 lembar ajah tiap hari… berarti kita mengurangi sampah kertas sebanyak 7 MILIIAR biji setaon… HEBAT KAN ?

5. Be Green on ATM? Kalo di BCA iasda yang ambil duit ngga pake receipt… atau be smart dong… Transfer lewat Internet banking ato mobile banking…. 8 MILIAR kali transaksi di ATM yang mengeluarkan kertas receipt tiap taun adalah salah satu sumber sampah terbesar di dunia.

Kalau selama setaon orang transaksi ngga pake kertas receipt, itu akan menghemat satu roll besar kertas yang ias buat melingkari garis equator sampe 15 kali… ccck ccck


6. Minimal punya 2 macam tempat sampah dirumah, membantu mengurangipol usi air, udara dan tanah.

Pisahkan sampah basah (sisa makanan dan masakan, daun, minuman) dan sampah kering (botol, ias, kertas, kaca)

Lebih baik lagi untuk memisahkan sampah menurut 4 kelas : Plastik (pembungkus makanan, kantong kresek, kantong belanjaan) Rumah tangga (tulang ayam, sisa capcay, makanan basi) Kertas (Pembungkus gorengan, popok bayi, ias yang sudah dipakai) Buku bekas catatan, kertas-kertas tagihan, ias, kertas iklan… disendirikan untuk dijual Logam (kaleng susu, kaleng makanan) dan kaca.

Hanya butuh waktu 2 bulan untuk menjadikan sampah rumah tangga menjadi kompos yang ias dipakai lagi untuk pupuk tanaman…

7. Polar Bear / Beruang kutub ngga bisa berenang... tapi karena global warming di Kutub Utara, mereka harus berenang 30 km untuk mencari es tempat berteduh.

Watch DISCOVERY CHANNEL : PLANET EARTH... pasti nangis deh ngeliat perjuangan seekor beruang kutub yang akhirnya mati karena kelelahan mencari daratan.

3 comments:

Anang said...

mari selamatkan bumi... kita mulai dari diri sendiri... yo ndop!

Dzofar said...

iya benul!! eh betul... nek aku boleh berpendapat, kalau kita nggak bisa nglakuin sesuatu, mending milih yang nggak ngelakuin sesuatu. contoh:

TIDAK membuang sampah sembarangan
TIDAK merokok di sembarang tempat
TIDAK usah menambah polusi lagi..

khan lebih gampang TIDAK melakukan sesuatu dari pada ngekuin sesuatu.. ya nggak??

A'Unk~en~Lxmw said...

wa.. mantap tulisannya
kukutip ya
mau kasitau kawan2 lain
makasih :)

Post a Comment