Facebook Twitter RSS Feed

MY BLOGGER DIARY







Akhirnya.. setelah bertahun-tahun berkutat dengan yahoo dan friendster, akhirnya si ndop punya kesibukan baru lagi, yaitu ber-blogger ria. Pertama-tama sih aku nggak tertarik dengan blog di blogger. Soalnya kayaknya sama saja dengan blog di Friendster. Ee… tapi setelah tau kalau ternyata blog di blogger lebih terkenal dari blog di friendster, maka nggak ada salahnya aku mencoba membuatnya.

Pertama kali membuat, aku dibuat penasaran dengan adanya pengaturan layout, template, dll. Waah.. kayaknya ini menjadi PR besar buatku untuk berimajinasi membuat tampilan blog yang keren. Langsung deh, aku terjun ke dalam blogger. Namun, karena aku sibuk banget pada saat itu (sibuk mencari MP3-nya mbak bjork yang bisa di donlod gratis), maka akupun males nglanjutin membuat blogku. Sampai-sampai ketika aku ingin posting blog, aku lupa nama account plus passwordnya. Alhasil, aku gagal total mengolah blog di blogger. Lalu pada suatu waktu ketika aku ada di Surabaya, salah dua teman menghimbauku untuk membuat blog di blogger, soalnya blogku di FS ternyata lucu dan menarik. Kali aja kalau aku buat lagi di blogger (alias blognya dobel), aku bisa dapat banyak pengunjung, yang ujung-ujungnya dapat duit (katanya) dari pemasangan ad sense. Langsung deh, aku tertarik untuk membuat account lagi..

Template demi template aku coba, tapi nggak ada yang cocok dengan karakterku. Lalu aku iseng buka edit html-nya blogger. Melihat scrip-scripnya yang sudah pernah kulihat sebelumnya di FS (di Customize), Langsung deh, imajinasiku muncul. Dan langkah pertama yang wajib aku ganti adalah background. Aku cari deh, code yang sekiranya mengarah-ngarah untuk bekgraund. Ketika aku temukan, langsung deh kupasang gambarku yang sudah ada di FS. Eh, berhasil! Aku langsung sueneng pol-polan. Lalu aku ingat di FS, kalau pingin boxnya nggak berwarna, pilih transparent. Langsung deh, kucari yang berbau background box, langsung tak ganti transparent. Alhasil bekgraundku yang telah terpasang jadi keliatan semua.

Bekgraund demi beckground silih berganti. Dari yang berformat .gif yang bergerak-gerak, trus .jpg biasa, dan pada akhirnya aku memilih .jpg biasa saja, biar mudah dibaca. Soalnya ada comentator yang bilang bekgraundnya yang bergerak-gerak mengganggu. Akhirnya, setelah mendapat ilham. 'Mak cling' bekgraund pemandangan lah yang kupilih. Biar kesannya down to earth. Trus headernya yang animasi pun tak ganti dengan .jpg biasa namun penuh dengan efek-efek warna yang soft dan keren. Headerku yang baru itu 2 photo tak jadikan satu lo… gak keliatan khan?? Mas endop gitu loh!!!

Sebelum itu, aku disibukkan dengan penambahan widget kayak recent post, recent comment, whos among us, maps among us, dan terakhir tapi bukan berakhir, statistik blog. Setelah berhasil menambahkan widget tersebut, akhirnya selesai sudah mengastemaiz template, langkah selanjutnya adalah mencari tema yang menarik untuk posting.

Karena aku orangnya males banget yang serius-serius, eee… ketika ada kucing sialan super nggilani featuring super kurang ajar bernama kucing garong , aku pun menulisnya dengan caraku yang blak-blakan, ngalir dan konyol. Ee… 2 comment nangkring. Yang tanggapannya semuanya tertawa membaca blogku yang itu. Hahahaha… wong aku aja yang nulis juga masih ketawa kok kalau membacanya lagi. Trus tutorial Kartun/vektor Corel Draw yang benar-benar aku buat sendiri tanpa sumber dari apapun. Murni otodidak. Ee.. satu commen nyantol. Dan bilang keren postingnya. Makasih ya… atas pujiannya. Hihihi… biasa aja lagi… ikuti aja tutorial-tutorial otodidakku yang selanjutnya.

Nah, kadang-kadang (semoga saja nggak pernah), saking nggak ada idenya, aku iseng-iseng baca Intisari, ee… dapet artikel menarik. Tanpa menunggu lagi langsung aku scan, kutata dan kuposting. Kira-kira 5 judulan yang kucopy paste dari intisari, UFO, luluh tidaknya P, Si terburu-buru, fosil hidup dan obat nyamuk. Semoga bermanfaat untuk anda sekalian…

Ngomong-ngomong, udahan dulu ya… Keep on reading my posting, karena dengan kamu baca, berarti aku akan mempunyai kekuatan untuk menulis cerita-cerita yang baru dan lucu lagi ataupun membuat tutorial yang berguna, gampang dan menarik.

Duada….!!!

-------------------------
Empat puluh tahun pertama usia kita dihabiskan untuk menulis ratusan, bahkan ribuan halaman buku teks, yang akan dibaca kelak di sisa umur. Arthur Schopenhaur (1788-1860, filsuf Jerman)



2 comments:

Phypin Marga said...

Nah gitu donk...mari kita ramaikan blogger nasional...tapi jangan lupa ya editkan fotonx...biar keren...Mas nich enaknya panggil apa ya...Bapak ato Mas coz mas ini tua atau muda...BlogWalking....di tunggu lo

Dzofar said...

walah bos, aku lo jik koyok cah cilik, umure tok sing ketoke tuwek padahal nek dijak omong rodok abot, gak nggenah. heehehe... ndi photomu??? tak kartune toh??

Post a Comment